catatan telat tayang yang diukir dari pengalaman
               BSI2000-04

Lowongan CPNS Deplu 2009


P E N G U M U M A N
NOMOR : 00892/KP/VII/2009/19/02
SELEKSI PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
DEPARTEMEN LUAR NEGERI
TINGKAT SARJANA (GOLONGAN III) DAN DIPLOMA 3 (GOLONGAN II)
TAHUN ANGGARAN 2009
----------------------------------------------------------
Departemen
Luar Negeri (Deplu) Republik Indonesia membuka kesempatan kepada Warga
Negara Indonesia pria dan wanita yang memiliki integritas dan komitmen
tinggi untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan III dan
II untuk dididik menjadi Pejabat Dinas Luar Negeri (PDLN).

Pejabat Dinas Luar Negeri

1. Pejabat Diplomatik dan Konsuler (Diplomat/PDK)
Lulusan S1, S2, dan S3 menjadi CPNS Golongan III untuk dididik menjadi Pejabat Diplomatik dan Konsuler (Diplomat/PDK);
2. Bendaharawan dan Penata Kerumahtanggan Perwakilan (BPKRT)
Lulusan Diploma 3 (D3) menjadi CPNS Golongan II untuk dididik menjadi Bendaharawan dan Penata Kerumahtanggaan Perwakilan (BPKRT); dan
3. Petugas Komunikasi (PK)
Lulusan Diploma 3 (D3) menjadi CPNS Golongan II untuk dididik menjadi Petugas Komunikasi (PK).

I. KETENTUAN UMUM

a. Proses Seleksi Penerimaan CPNS Deplu Tahun Anggaran 2009 ini terbuka untuk semua Warga Negara Indonesia.
b. Bersedia mengikuti seluruh proses tahapan seleksi di Jakarta atas biaya sendiri.
c. Pelamar tidak diperkenankan menghubungi/berhubungan dengan pejabat/pegawai Deplu dalam kaitannya dengan proses seleksi.
d. Seluruh tahapan proses seleksi ini tidak dipungut biaya apapun.

II. PERSYARATAN UMUM


a. Warga
Negara Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan
taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

b. Berkelakuan
baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan
pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap.

c. Tidak
pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau
tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan
tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

d. Tidak
berkedudukan sebagai CPNS atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan tidak
sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan instansi lain.

e. Tidak bersuami/beristrikan seorang yang berkewarganegaraan asing atau tanpa kewarganegaraan.

f. Sehat jasmani dan rohani.

g. Bersedia
menjalani ikatan dinas selama 5 (lima) tahun dan ditempatkan di seluruh
wilayah Negara Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh
Pemerintah.

III. PERSYARATAN KHUSUS

A. PEJABAT DIPLOMATIK DAN KONSULER (DIPLOMAT/PDK)


a. Berijazah Sarjana (S1), Magister/Master (S2), atau Doktor (S3):


1. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Jurusan Ilmu Politik, Hubungan
Internasional, Studi Kawasan, Ilmu Komunikasi/ Hubungan Masyarakat,
Sosiologi, Ilmu Pemerintahan, dan Administrasi Negara)


2. Ilmu Hukum dengan kekhususan di bidang Hukum Internasional, Hukum
Bisnis, Hukum Perdata, Hukum Tata Negara, atau Hukum Administrasi
Negara.


3. Ilmu Ekonomi (Jurusan Studi Pembangunan).


4. Sastra/Ilmu Pengetahuan Budaya (Arab, China, Inggris, Indonesia, Jepang, Perancis, Rusia, dan Spanyol).


5. Teknik Informatika
b. Lulusan
Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta, atau Perguruan Tinggi
luar negeri yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan
Tinggi, dengan persyaratan IPK:
• Sarjana (S1) minimal 2,75 (dua koma tujuh lima);
• Magister (S2) minimal 3,00 (tiga koma nol nol); dan
• Doktor (S3) minimal 3,00 (tiga koma nol nol).
c. Menguasai bahasa Inggris dengan baik (lisan dan tulisan) dan/atau
bahasa Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB)/asing lainnya (Arab, China,
Jepang, Perancis, Rusia, dan Spanyol).
d. Berusia maksimum:
• 28 tahun pada tanggal 1 Desember 2009 (lahir setelah 30 November 1981) untuk tingkat Sarjana (S1);
• 32 tahun pada tanggal 1 Desember 2009 (lahir setelah 30 November 1977) untuk tingkat Magister (S2);
• 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2009 (lahir setelah 30 November 1974) untuk tingkat Doktor (S3).

B. BENDAHARAWAN DAN PENATA KERUMAHTANGGAAN PERWAKILAN (BPKRT)

a Berijazah Diploma 3 (D3): Jurusan Akuntansi

b. Lulusan Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta, atau
Perguruan Tinggi luar negeri yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi
Nasional Perguruan Tinggi, dengan persyaratan IPK: minimal 2,75 (dua
koma tujuh lima).

c. Menguasai bahasa Inggris dengan baik (lisan dan tulisan) dan/atau
bahasa PBB/asing lainnya (Arab, China, Jepang, Perancis, Rusia, dan
Spanyol).

d. Berusia maksimum 28 tahun pada tanggal 1 Desember 2009 (lahir setelah 30 November 1981).

C. PETUGAS KOMUNIKASI (PK)

a. Berijazah Diploma 3 (D3):
1. Jurusan Teknik Telekomunikasi;
2. Jurusan Teknik Informatika;
3. Jurusan Teknik Komputer;
4. Jurusan Teknik Elektronika;
5. Jurusan Teknologi Informasi; dan
6. Jurusan Matematika.
b. Lulusan
Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta, atau Perguruan Tinggi
luar negeri yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan
Tinggi, dengan persyaratan IPK: minimal 2,75 (dua koma tujuh lima).
c. Menguasai bahasa Inggris dengan baik (lisan dan tulisan) dan/atau
bahasa PBB/asing lainnya (Arab, China, Jepang, Perancis, Rusia, dan
Spanyol).
d. Berusia maksimum 28 tahun pada tanggal 1 Desember 2009 (lahir setelah 30 November 1981).

IV. PENDAFTARAN

a. Melakukan registrasi online melalui situs http://e-cpns.deplu.go.id mulai tanggal 21 Juli 2009 dan mencetak formulir registrasi beserta pernyataan menyetujui ketentuan dan syarat yang ditetapkan.
b. Disamping melakukan registrasi online, peserta harus mengirimkan berkas
lamaran kepada Panitia Seleksi Penerimaan CPNS Deplu Tahun Anggaran
2009 melalui Pos Tercatat mulai tanggal 21 Juli 2009 (CAP POS) dan
berakhir pada tanggal 6 Agustus 2009 (CAP POS), serta sudah harus
diterima Panitia selambat-lambatnya tanggal 10 Agustus 2009 (CAP POS),
ditujukan kepada:
Ketua PanitiaSeleksi Penerimaan CPNS Deplu TA 2009
PO BOX 3206
JKP 10032
(untuk PDK)PO BOX 3221
JKP 10032
(untuk BPKRT) PO BOX 3235
JKP 10032
(untuk PK)

c. Setiap Pelamar hanya diperkenankan mengirimkan satu berkas lamaran dan
mendaftar hanya untuk satu kategori seleksi PDK, BPKRT atau PK.
d. Registrasi online baru akan diproses setelah Panitia menerima berkas
lamaran yang disampaikan melalui Pos Tercatat.
e. Panitia hanya menerima berkas lamaran yang disampaikan melalui PO BOX
tersebut di atas dan tidak menerima format penyampaian lamaran lainnya.
f. Formulir Registrasi harus dilengkapi dengan melampirkan:
i. Surat Pernyataan Menyetujui Ketentuan dan Syarat yang telah dicetak dibubuhi meterai Rp. 6.000,00;
ii. Fotokopi KTP yang masih berlaku/Fotokopi Paspor bagi Pelamar dari luar negeri;
iii. Daftar Riwayat Hidup terakhir;
iv. Satu
lembar fotokopi ijazah (D3, S1, S2, dan/atau S3) berikut transkrip
nilai yang sudah dilegalisir (cap dan tanda tangan asli) oleh
Dekan/Direktur Program atau Ditjen Dikti Depdiknas bagi lulusan
Perguruan Tinggi Luar Negeri (Surat Keterangan Kelulusan/Ijazah
Sementara dapat diterima, dengan syarat Pelamar dapat menyertakan Surat
Pernyataan dari Pimpinan Universitas yang menyatakan bahwa pihak
Universitas sudah dapat mengeluarkan Ijazah Asli yang bersangkutan pada
saat akan mengikuti Ujian Tahap Akhir (Tes Pemeriksaan Psikologi dan
Wawancara Substansi, serta Tes Penguasaan Teknologi
Informasi/Komputer), yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 26
– 30 Oktober 2009. Bagi Pelamar yang tidak dapat menunjukkan Ijazah
Asli, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur dan tidak dapat mengikuti
Ujian Tahap Akhir);

Catatan: bagi lulusan luar negeri yang memiliki transkrip nilai tidak berskala
4.0 harap melampirkan konversi transkrip nilai dengan skala 4.0 yang
disahkan oleh Ditjen Dikti Depdiknas.
v Fotokopi Akte Kelahiran;
vi. Surat Keterangan Sehat dari dokter (terbaru);
vii Fotokopi tanda pencari kerja (kartu kuning Depnaker) yang masih berlaku;
viii. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku;
ix. Pas
foto terakhir ukuran 3x4 (berwarna) sebanyak 3 lembar: 1 lembar foto
ditempel di formulir lamaran dan 2 lembar lainnya ditulisi nama Pelamar
di bagian belakang foto.

g. Lamaran
beserta lampiran tersebut pada butir (f) disusun rapi sesuai urutan di
atas dalam map kertas jepit berlubang dengan warna:
i. Biru untuk S1 – PDK;
ii. Kuning untuk S2 – PDK;
iii. Putih untuk S3 – PDK;
iv. Hijau untuk D3 – BPKRT; dan
v. Merah untuk D3 – PK.

h. Map
lamaran beserta lampiran dimasukkan dalam amplop warna coklat dan
ditulis pada pojok kiri atas kode lamaran PDK atau BPKRT atau PK.
i. Berkas lamaran yang tidak memenuhi persyaratan tersebut di atas tidak akan diproses.
j. Berkas lamaran yang diterima Panitia menjadi milik Panitia dan tidak dapat diminta kembali oleh Pelamar.
k. Pelamar diminta untuk tidak melampirkan dokumen-dokumen lain selain yang tersebut pada butir f.

V. TAHAPAN DAN JADWAL SELEKSI

Seleksi penerimaan PDK, BPKRT dan PK dilakukan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut:
1. Seleksi Administratif;
2. Ujian
Tulis Substansi dalam Bahasa Indonesia dan Inggris (meliputi masalah
nasional, internasional dan pengetahuan umum) dijadwalkan akan
dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus 2009 (PDK, BPKRT, dan PK). Tempat
pelaksanaan ujian akan ditentukan kemudian;
3. Ujian
Kemampuan/Penguasaan Bahasa Inggris atau Bahasa Asing Lainnya (Arab,
China, Inggris, Jepang, Perancis, Rusia, dan Spanyol) berdasarkan
pilihan peserta, dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 9 – 10
Oktober 2009. Tempat pelaksanaan ujian akan ditentukan kemudian;
4. Tes
Pemeriksaan Psikologi dan Wawancara Substansi serta Tes Penguasaan
Teknologi Informasi/Komputer dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal
19 – 23 Oktober 2009. Tempat pelaksanaan ujian akan ditentukan
kemudian;
5. Peserta yang lulus pada setiap tahapan ujian akan diumumkan melalui situs http://e-cpns.deplu.go.id;
6. Seleksi dilakukan dengan sistem gugur dan keputusan Panitia tidak dapat diganggu gugat.

VI. PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRATIF DAN PENGAMBILAN KARTU TANDA PESERTA UJIAN


1. Hanya
Peserta yang telah melakukan registrasi online dan memenuhi seluruh
persyaratan untuk melamar/persyaratan pendaftaran, yang akan diloloskan
dalam tahapan Seleksi Administratif. Hasil Seleksi Administratif
dijadwalkan akan diumumkan pada tanggal 24 Agustus 2009 melalui situs http://e-cpns.deplu.go.id.

2. Pelamar
yang telah dinyatakan lolos tahapan Seleksi Administratif diwajibkan
untuk mengambil Kartu Tanda Peserta Ujian (KTPU) sebagai syarat
mengikuti Ujian Tulis Substansi.

3. KTPU
harus diambil sendiri oleh peserta ujian di Pusdiklat Deplu, Jalan
Sisingamangaraja No. 73, Jakarta Selatan, dengan menunjukkan kartu
identitas diri. Apabila Peserta mewakilkan pengambilan KTPU kepada
pihak ketiga, maka diperlukan Surat Kuasa bermeterai dengan menunjukkan
kartu identitas diri Peserta dan Penerima Kuasa, serta menyerahkan
fotokopi kartu identitas diri dimaksud.

4. Jadwal pengambilan KTPU dijadwalkan akan diumumkan kemudian melalui situs http://e-cpns.deplu.go.id.


VII. LAIN-LAIN

1. Departemen
Luar Negeri tidak bertanggung jawab atas pungutan atau tawaran berupa
apapun oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan Departemen Luar Negeri
atau Panitia.

2. Peserta
diharapkan tidak melayani tawaran-tawaran untuk mempermudah penerimaan
sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil Departemen Luar Negeri.

3. Bagi
mereka yang telah dinyatakan lulus hingga tahapan terakhir seleksi,
tetapi mengundurkan diri diwajibkan mengganti biaya yang telah
dikeluarkan Panitia sebesar Rp 15.000.000,- (Lima Belas Juta Rupiah)
untuk PDK dan Rp 10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah) untuk BPKRT dan PK.

4. Lamaran yang dikirimkan kepada Departemen Luar Negeri sebelum pengumuman ini dianggap tidak berlaku.

5. Informasi resmi yang terkait dengan Seleksi Penerimaan CPNS Deplu 2009 hanya dapat dilihat dalam situs http://e-cpns.deplu.go.id. Para Pelamar disarankan untuk terus memantau situs dimaksud.


Jakarta, 19 Juli 2009
A.n. MENTERI LUAR NEGERI
SEKRETARIS JENDERAL
ttd.
IMRON COTAN



Artikel Terkait



Komentar :

ada 0 komentar ke “Lowongan CPNS Deplu 2009”
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

You Comment I Follow

Bookmark and Share  the document above to your friends
My photo
Jakarta, Jakarta, Indonesia
Nge-Blog Bareng dari KOngkOWer's Alumni Bina Sarana Informatika Jakarta Angkatan 2000-2004

Sahabat Blogger